Minggu, 04 Oktober 2020

Jejak Inspirasi Sahabat dan Duta Rumah Belajar 2020

 


Perjalanan sebagai sahabat Rumah belajar NTT dimulai dari tahun 2019. Semangat mengupgrade diri untuk kompetensi pembelajaran berbasis TIK menghantarkan saya sebagai sahabat rumah belajar NTT tahun 2019, dalam perjalan level 1 hingga level 4 banyak hal yang menjadi inspirasi dan motifasi saya mengembangkan diri.

Bertengger dilevel 4 adalah pencapaian yang luar biasa, tak menyangka hal ini juga yang memberikan pengalaman berharga menjadi pribadi yang dinamis dan terus berbagi. 2019 sebagai sahabat rumah belajar terbaik ke 2 pada level berbagi adalah kesyukuran yang tak bisa diukur dengan apapun. Berkenalan dan berkolaborasi dengan sahabat sahabat rumah belajar dari propinsi lain, para duta Rumah Belajar yang terus menginspirasi. Menjadikan rumah belajar menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pribadi saya. Hingga kini dikenal sebagai sahabat rumah belajar NTT sangat berdampak positif terhadap profesi dan kompetensi saya.



Tahun 2020 kembali mendapat kesempatan yang luar biasa bisa mengikuti kegiatan pembaTIK 2020 yang dimana antusias peserta sangat luar biasa dari tahun kemarin. Dari level satu level literasi, Level 2 ( implementasi), level 3 ( kreasi ), hingga sekarang berada pada level 4 (berbagi ) benar benar membawa saya mengukuhkan diri sebagai bagian komunitas praktisi Rumah belajar.

Tahun 2020 ini, tahun yang istimewa bagi saya, bertemu dan berkenalan dengan 29 sahabat Rumah belajar lainya sesuatu yang menjadi kebanggaan dan harta yang tidak ternilai harganya, sharing dan bertumbuh menjadi keluarga dalam kominitas Rumah belajar memberikan semangat dan inspirasi yang sangat berkesan dan tak terlupakan seumur hidup.

Menjadi bagian Komunitas Rumah belajar memberikan saya banyak inspirasi untuk meningkatkan kompetensi diri, Rumah belajar membawa saya menemukan kemampuan baru yang saya buktikan mampu untuk saya raih. Menulis tentang Rumah Belajar mengantarkan saya bertemu dengan orang orang yang hebat dan luar biasa. Tak pernah  menyangka, bahkan mimpipun rasanya tidak. Bisa belajar menulis bersama Om Jay ( Bapak Wijaya Kusumah ) dkk yang penuh inspirasi dan terus memotifasi, berkolaborasi dan mengembangkan keterampilan menulis dengan professor hebat Prof.Richardus Eko Indrajit dan mendapat apresiasi langsung dari Kepala Pustekkom 2017 – 2020, pengembang Rumah Belajar Bapak Gogot Suharwoto adalah sebuah karunia yang luar biasa dari Allah SWT.

Dan inilah semangat yang terus mendorong saya lebih termotivasi lagi untuk berbagi praktik baik pemanfaatan TIK dengan Rumah belajar. Komunitas yang sangat solid , penuh keakraban dan kekeluargaan sangat tergambar dari aura dan sikap ramah, para Pengembang Teknologi Pembelajaran Pusdatin, para Duta Rumah Belajar,Sahabat Rumah belajar.Mereka yang penuh semangat berbagi tampa pamrih tak mengenal siapa, asal dan dimana.Ketulusan ini yang menjadi daya tarik bagi saya untuk terus bersemangat berkompetisi kelak bisa  menjadi bagian dari komunitas Rumah belajar yang lebih berintegritas dan membangun kredibilitas dengan label Duta Rumah Belajar.

Mengapa menjadi duta sangatlah menginspirasi? Karena dengan selempang Duta itu akan memberikan integritas dan kredibilitas bagi saya. Dua hal ini sangatlah penting untuk bergerak dan menggerakkan orang lain. Integritas dan kredibilitas yang baik akan memberikan dampak yang power full untuk bisa menggerakkan dan menjadi bagian transformasi pendidikan di Indonesia.Menjadi Duta Rumah belajar akan menjadi salah satu jalan yang penuh martabat dan manfaat untuk bisa melakukan transformasi pendidikan dalam hal berbagi praktik baik pembelajaran khususnya yang berbasis TIK.

Sejalan dengan semangat dan motifasi saya untuk menjadi Guru yang menginspirasi bukan hanya untuk diri sendiri , orang lain namun untuk menginspirasi anak didik saya.Menumbuhkan rasa percaya diri dan semangat belajar anak didik saya akan lebih berdampak jika keteladanan itu bisa mereka lihat dan rasakan dari Guru mereka sendiri.

Merdeka Belajar, Guru Penggerak sebuah tagline yang memotifasi dan  menggerakkan.Dan Saya yakin...dengan dukungan dari lingkungan kerja dan teman teman, bersama Rumah Belajar dan amanah menjadi Pendamping Guru Penggerak adalah kekuatan yang saling bersinergi untuk mewujudkan merdeka belajar menjadi bagian dari agen perubahan transformasi pendidikan di Indonesia.

Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia.

 

Salam Hangat,

SRB NTT 2020

Eva Hariyati Israel

 

 

10 komentar:

  1. Sungguh sangat hebat. Sesungguhnya guru adalah inspirator, setidaknya bagi peserta didik. Merdeka belajar, merdeka mengajar, merdeka memilih portal, termasuk rumah belajar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam hormat dan terima kasih pa Susanto

      Hapus
  2. 👍👍 hebat inspiratif Mbak Eva

    BalasHapus
  3. Pengalaman istimewa dan luarbiasa, ibu hebat,saya ikut bangga

    BalasHapus
  4. Semangat Bu Guru... We support You.

    BalasHapus
  5. IONQQ menyediakan permainan poker, domino99, bandarq, bandarpoker,aduq,sakong,perang bacarat dan capsa :D
    ayo ditunggu apa lagi
    WA : +855 1537 3217

    BalasHapus

POSTINGAN LAINNYA