Selasa, 22 September 2020

Menulis Buku 7 Hari, Mungkinkah???

 


Menulis Buku adalah kegiatan yang membutuhkan kefokusan dan displin yang tinggi. Menulis buku apalagi dengan durasi yang singkat 7 hari rasanya mustahil bagi penulis Pemula seperti saya. Tapi pernyataan ini sudah bisa saya patahkan.Saya mengatakan BISAAAA! dan saya sudah membuktikannya.



Sahabat yang saya banggakan, cerita ini berawal dari  dalam grup WA belajar menulis bersama Om Jay dan kawan kawan, yang sangat memeberikan ruang dan menjadi wadah bagi saya dan teman teman yang lain yang bergabung dlam grup, menggali potensi dan mengembangkan minat dan belajar dari banyak pakar ahli yang ada dalam Grup belajar menulis di grup WA gelombang 7. 

Belajar tahap demi tahap, mengeksploasi dan elaborasi konsep dari setiap Narasumber yang dihadirkan hingga akhirnya saya dapat mewujudkannya menjadi sebuah Aksi Nyata menulis dan melahirkan buku yang berjudul Kelas maya –Membangun Ekosistem E-Learning di Rumah belajar, yang dengan izin Alllah berhasil lolos evaluasi dan diterbitkan oleh penerbit Andi. Dan saat ini  saya sudah merampungkan menulis 2 buku , 1 sudah diterbitkan penerbit Mayor(penerbit Andi) Jika sahabat berminat memiliki buku ini bisa klik link ini https://bit.ly/PESANBUKU-EKOJI  untuk dapat terhubung dengan penerbit Andi., 1buku  dalam tahap menunggu jawaban evaluasi dari penerbit untuk keayakan terbit berharap bisa diterima lagi seperti buku pertama saya,buku ini berjudul Model Pembelajaran - merancang pembelajaran kompetensi abad 21, berkarkater,  dan literat di era kenormalan baru. , dan 1 buku saat ini dalam tahap penulisan dengan Judul Guru PenggerakBelajar Merdeka,Merdeka Belajar.

Awalnya saya ikut bergabung dan menimba ilmu mengikuti setiap rangkaian materi yang disajikan dalam forum belajar menulis gel 7 di bulan Maret bertepatan dengan pandemik Covid 19.Dimana pandemik rasanya membuat kita membuang waktu dan bingung harus berbuat apa karena mendadak PJJ.Akhirnya Pandemik ini membawa berkah peningkatan kompetensi menulis bagi saya dengan bergabung digrup menulis Om jay. Setiap hari kami berlatih menulis 3 paragraf pertama dari ide ide yang di lemparkan om jay ke grup gel.7. Awalnya saya berpikir om jay kok ngajak kita menulis dengan tema tema seperti kucing, siomay, anak bayi, pokoknya apa saja yang dilemparkan omjay ke grup kita diharapkan bisa merangkai kata hingga minimal 3 paragraf. Dari hari demi hari makin bertambah pengalaman, hadirnya narasumber narasumber yang luar biasa menginspirasi membuat semangat untuk menulis semakin besar, dari yang hanya menulis minimal 3 paragraf, pentigraf, hingga menuangkan resume materi dalam tulisan di blog, setiap peserta wajib membiuat resumi dan memposting diblog.Pengalaman yang luar biasa menghantarkan saya bisa melahirkan sebuah buku pertama.

Malam itu, setelah kami menerima materi dari Prof.Richardus Eko Indrajit, saat materi berakhir Prof Eko mengajak sekaligus menantang kami peserta untuk siapa yang mau berkolaborasi menulis bersama Beliau tapi menulisnya 1 minggu .

Malam itu kami belum ada yang mengiyakan dalam hati GILAAA menulis seminggu bisakah?

Mana bisa, saya pemula...mana bisa...saya masih belum percaya dan sama sekali tidak yakin bisa.

Hingga siang hari, dihari berikutnya Om jay melemparkan sederet tema yang ditawarkan oleh Prof.Eko dan kita diminta menjawab siapa yang bersedia silahkan copi paste dan tuliskan nama serta nomer hp. Saya membaca setiap tema wow keren-keren semua, IT semua lagi..., meski saya Guru TIK rasanya saya belum memiliki potensi untuk menuliskan konsep konsep tema yang ditawarkan Prof.Eko waktu itu. Dan untuk menjawab tantangan itu dan untuk membuktikan kemampuan bahwa saya bisa menulis buku saya pun memberanikan diri menuliskan nama dan nomer Hp saya hingga kami digabungkan dalam grup menulis bersama Prof.Eko.Dan tergabunglah 21 orang yang waktu itu bersedia.

Auto bingung wkwkw saya sama sekali belum menemukan ide untuk menulis apa untuk menjawab tantangan ini. Meski saya memilih tema E-Learning 1001 kegalauan menghampiri.Sambil terus berpikir untuk menentukan apa yang akan saya tulis, saya mulai membuka sejumlah referensi, dari youtube prof Eko dan membaca beberapa tulisan tentang e learning di internet.Akhirnya dengan pengalaman sebagai sahabat Rumah Belajar saya menemukan 1 konsep yang akan saya tuangkan dalam tulisan pertama saya ini.Ya...Kelas Maya Rumah belajar menjadi pilihan saya untuk menjawab tantangan ini.Setelah klop dan merasa yakin dengan judul yang pilih. Saya mulai membuat daftar isi yang saya kembangkan dari main map.

Hari pertama saya menyodorkan main map tentang buku yang saya akan tulis. mainmap ini saya dapatkan dari belajar menulis bersama bapak narasumber Akbar Zainudin penulis buku man jadda wa jadda ,dari mainmap ini saya tuangkan ke dalam outline yang hari itu juga disetujui oleh Prof Eko.

Jawaban Prof Eko waktu itu VERY GOOD.Bisa buat daftar isinya dan kirim ke saya?

Hari ke 2 berhasil menyerahkan outline (daftar isi) buku yang akan saya tulis.

Hari ketiga , ke empat dan ke lima,Saya lewati dengan penuh khusyu...FOKUS, dan tanpa buang buang waktu benar benar berada dalam kegilaan menulis hingga sudah mau tidurpun rasanya otak ini masih berfokus dan berpikir tulisan apa lagi ide apalagi yang harus ditambahkan. Seminggu benar –benar pikiran , hati dan raga ini menjadi satu seiring sejalan, tak ingat lagi yang lain, yang diingatan hanya deadline yang hampir habis dan harus kelar. Ngeri ngeri sedap kalo saya bilang wkwkwkw, terkadang rasa kantukpun hilang ketika tangan sudah asyik menari-nari di atas keyboard, membawa perasaan ini seperti sudah ahli sekali merangkai kata padalah... baru kemarin saya belajar.

AWESOME... mengagumkan pengalamn yang tak akan terlupakan. Ternyata saya bisa membuktikan bahwa saya bisa menulis buku 1 minggu, dengan editingnya 2 minggu sudah siap disetorkan ke Prof Eko untuk disempurnakan dan dikirim ke penerbit.Dari 21 peserta yang tergabung hanya 11 orang yang berhasil menjawab tantangan Berselang 2 minggu kemudian 23 Mei 2020 tibalah waktunya kami mendengarkan hasil  evaluasi dan pengumuman tulisan yang Lolos untuk diterbitkan di penerbit Andi, dan Alhamdulillah 9 orang penulis yang berkolaborasi dengan Prof.Eko. berhasil diterima tanpa revisi.Termasuk Saya salah satunya.Luar Biasa. Kepuasan bathin yang tak ternilai harganya...

 

Pengalaman adalah Inspirasi menulisku. Itulah yang menjadi ide saya dalam menulis buku. Pengalaman yang saya lalui, sebagai sahabat Rumah Belajar 2019 memberi saya inspirasi untuk menulis tentang Kelas Maya rumah belajar, Pengalaman sebagai Instruktur kurikulum 2013 menginspirasi saya menulis Model Pembelajaran - merancang pembelajaran kompetensi abad 21, berkarkater, merdeka dan literat di era kenormalan baru, saat ini saya sebagai calon pendamping Guru penggerak angkatan pertama  , saya terinspirasi lagi menulis bulu dengan judul Guru Penggerak -Belajar Merdeka,Merdeka Belajar

Dan satu hal semoga bisa menjadi motifasi bagi  sahabat semua, ketika kita menulis dengan niat berbagi akan ada jalan Allah membukakan jalan dan mempertemukan kita dengan orang orang hebat yang luar bisa menginspirasi dan selalu berbagi. Hingga satu prinsip yang saya pegang saat ini, Semakin dibagi semakin tak terbatas. Dan benar semakin kita niat berbagi ada saja ide ide yang muncul dalam pikiran dan hati kita apalagi ya...apalagi yaa...tadinya apa saja yang kita lihat dan kita alami tidak terpikir untuk kita bagikan apalagi untuk ditulis dalam bentuk karya tapi setelah pecah telur Buku pertama terbit semakin memotifasi saya untuk menghasilkan karya karya yang lainnya. Hadza min fadli rabbi...berkah rasanya selalu datang

Setelah buku rampung ditulis kamipun diminta Prof.Eko jika bisa ada 2 atau 3 pengantar atau testimoni dari orang orang yang dianggap penting. Maka orang pertama yang saya minta dan hampir semua buku yang terbit di akademi EKOJI ada pengantar dari Om Jay(Wijaya Kusumah,M.Pd) Guru dan blogger Pendidikan.Ini benar-benar motifasi yang luar biasa, Meminta kesediaan teman juga menjadi tantangan tersendiri namun hal ini tidak terlalu mennjadi hambatan dalam menulis beberapa teman yang saya minta testimoni dan sekapur sirih untuk buku saya dengan senang hati menuliskannya.Semangat berbagi ini juga yang mengantarkan saya mendapatkan Apresiasi yang luar biasa.Kata pengantar dalam buku pertama saya dari bapak Gogot Suharwoto, kepala Pustekkom 2017-2020. Judul Buku kelas Maya ini saya posting di FB saya dan tidak disangka berbagai apresiasi dan doa tulus dari teman teman dan sahabat menjadi semangat yang semakin menggerakkan saya. Hingga Bapak Gogot juga memberikan apresiasi itu melalui inbox. Ya Allah senangnya tak terkira, siapa saya , seorang guru yang baru belajar, guru yang masih sangat minim pengalaman bisa berkolaborasi dengan seorang Prof. Dan mendapatkan apresiasi dan kata pengantar dari orang yang luar biasa.benar benar Hadza min fadli Rabbi (Sungguh ini karuania Allah).

Hingga kinipun rasanya seperti mimpi...

Dengan terbitnya buku ini saya mendapat banyak kesempatan untuk berbagi. Menjadi Narasumber digrup menulis bagi teman-teman peserta menulis lainnya berbagi pengalaman dan berharap dapat menjadi motifasi bagi teman-teman yang lain.Serta berbagi pengalaman melalui giat TV Andi dapat sahabat simak dalam rangkain Seminar Digital Mindset bersama Prof.Eko saya bisa menceritakan pengalaman saya menulis buku secara kilat. Tonton disi ya ...


Pesan Saya sahabat, hilangkan keraguan yang ada, hargai potensi kita sebagai mahluk ciptaan Allah yang sempurna dan memiliki bakatnya masing masing. Yakinkan dalam diri batu hambatan yang ada dalam diri harus bisa kita pecahkan.

Pesan dari Prof.Eko Untuk saya” Bu.Eva...Cita cita itu harus dikejar seperti laskar pelangi”. Saat kalimat ini diucapkan beliau saya langsung terharu dan benar benar menggerakkan saya untuk lagi dan lagi mencoba membuktikannya.hingga akhirnya saya pun suka dengan lagu laskar pelangi hehehe...dan kalimat ini juga semoga bisa memotifasi  sahabat semuanya.

Yakinkan diri dan buktikan saya BISAAAA


 

 

 

 


48 komentar:

  1. Seperti membaca resume peserta grup belajar menulis gelombang kami, padahal narasumbernya. Bahan menulis ternyata dari mana saja termasuk dari apa yang pernah disampaikan. Atau sebenarnya sudah ada hanya belum dipublikasikan. Wow.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak...betul pak saya selalu terinspirasi dari apa yang saya lakukan. semoga bermanfaat...salam kenal pa Susanto, salam sehat dan sukses selalu

      Hapus
  2. Luar biasa... Sangat menginspirasi. Selamat Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal bu Mey, Salam sehat dan sukses selalu

      Hapus
  3. Mungkin sekali bagi bu Eva. Terbukti buku kelas maya bisa terbit

    BalasHapus
  4. Mungkin sekali bagi bu Eva. Terbukti buku kelas maya bisa terbit

    BalasHapus
  5. Terima kasih ka restyn...😍

    BalasHapus
  6. Pengalaman yg luar biasa, Anda hebat..

    BalasHapus
  7. menarik dan memotivasi sekali

    BalasHapus
  8. Mantap pengalamannya. Semakin memotivasi untuk terus menulis dan berbagi

    BalasHapus
  9. Membacanya bikin semangat

    BalasHapus
  10. Luar biasa ibu...saya butuh waktu lama agar resume saya jadi...apalagi untuk buku..waduuh...hehe

    BalasHapus
  11. Luar biasa krent....sangat inspiratif, .....semoga bisa meniru........

    BalasHapus
  12. Perjuangan yang luar biasa untuk menghasilkan buku hanya dalam sepekan!

    BalasHapus
  13. keren bu.sangat menginspirasi sekalii

    BalasHapus
  14. Luar biasa keren Bu Eva. Inspiratif.

    BalasHapus
  15. membacanya merinding dan merasakan sangat terinspirasi.semoga Allah memberi kesemoatan kepada hamba amiin

    BalasHapus

  16. dapatkan jackpot yang besar hanya di IONQQ
    WA: +855 1537 3217

    BalasHapus
  17. luar biasa bu eva, hanya dalam waktu seminggu bisa menjadi buku

    BalasHapus
  18. Mantap sekali buk...saya semakin terinspirasi tahun ini saya harus bisa menerbitkan buku

    BalasHapus
  19. Masya Allah Bunda Eva, membaca tulisan Bunda yg bergizi, renyah, dan gurih ini membuat semangat saya untuk belajar menulis di usia senja ini makin membara. Di usia 50 ini sy baru merangkak dan belajar ingin menulis Bun.

    Bahagia sekali malam ini, saya berjumpa dg SAHABAT RUMAH BELAJAR 2019. Salam kenal ya Bun, saya SRB LAMPUNG 2020. Subhanallah 🤲

    BalasHapus
  20. Maksud saya SRB LAMPUNG 2019 dan 2020 Bun.🙏🙏

    BalasHapus
  21. Mantap. ispirasi yang hebat, semoga bisa mengikuti jejak ..

    BalasHapus
  22. Good job, keep spirit 👍

    BalasHapus
  23. Luar biasa,,semoga dapat mengikuti jejaknya

    BalasHapus
  24. Top markotop bu Eva..barokalloh bukunya...keren n sukses sll...

    BalasHapus
  25. Keren.. sangat mengispirasi..
    Semoga kelak saya bisa mengikuti jejak..

    BalasHapus
  26. Kisah yang luar biasa, saya sangat termotivasi dengan cerita yang telah Ibu suguhkan. Semoga suatu saat nanti saya bisa seperti Ibu, aammiin.

    BalasHapus
  27. Terhipnotis dengan tulisan Bu Eva .semoga bisa menular

    BalasHapus
  28. Apapun yang kita lakukan pasti bisa dijadikan inspirasi untuk menulis.

    BalasHapus
  29. semoga saya bisa nulis bukujuga

    BalasHapus
  30. mantul bun dan sangat meninspirasi

    BalasHapus
  31. Sungguh luar biasa guru hebat penuh semangat ingin mengikuti jejak beliau semoga sehat selalu ibu, salam kenal dari Sragen

    BalasHapus
  32. Hebat...smoga saya juga bisa seperti ibu eva....

    BalasHapus

POSTINGAN LAINNYA