Sabtu, 10 Oktober 2020

Coaching PembaTIK Level 4 2020 Propinsi Nusa tenggara Timur

Coaching PembaTIK Level 4 adalalh bagian dari kegiatan PembaTIK Level 4 tahun 2020 yang wajib diikuti oleh setiap Peserta PembaTIK 2020 yang dinyatakan lulus Pada level Berbagi.Pada Level ini peserta PembaTIK dituntut untuk berbagi Praktik baik pembelajaran berbasi TIK .Kompetensi TIK pun menjadi tolak ukur dalam kegiatan PembaTIK level 4 ini. Tugas pembuatan Vlog, Blog .dan sosialisasi praktik baik pembelajaran dengan Rumah Belajar  baik secara tatap muka maupun tatap maya menjadi bagian penting penilaian dalam PembaTIK kali ini.

Hari Pertama , 5 Oktober 2020

Pembukaan  Coaching PembaTIK level 4 2020

Moderator : Ibu Ikrimah Putri _Pusdatin kemdikbud

Undangan pembukaan PembaTIK Level 4 2020 melalui daring dibagikan panitia melalui grup Whatsapp peserta PembaTIK Level 4. Pukul 09.00 WIB Acara dibuka oleh Host Perwakilan dari Pusdatin kemdikbud Ibu Karimah Putri dan dalam kegiatan zoom ini  dengan menyanyikan lagu Indonesia raya. Pembukaan Giat Coaching pembaTIK Level 4 secara daring melibatkan beberapa propinsi sesuai jadwal resmi dibuka  oleh Plt.Pusdatin kemdikbud Bapak M.Hasan Chabibie, S.T, M.Si.



Plt.Pusdatin bapak M.Hasan Chabibie, S.T, M.Si

 Bapak M.Hasan Chabibie, S.T, M.Si dalam sambutannya menekankan dan mengharapkan agar kreatifitas guru dalam Pembelajaran Jarak jauh di masa pandemic saat ini bias lebih baik lagi dan dalam kegiatan PembaTIK Level 4 ini diharapkan kompetensi guru dalam Pembelajaran berbasis TIK semakin meningkat.

Acara selanjutnya Paparan materi dari bapak Subijanto dari Balai pengembangan Media Televisi Pendidikan dan Kebudayaan (BPMTPK) 

Bapak Subijanto_BPMTPK


Materi yang disampaikan Bapak Subijanto adalah materi tentang pemanfaatan Media televisi sebagai sumber belajar dan beberapa postal sumber belajar yang dapat diakses oleh peserta dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran.


DAlam Sesi berikutnya peserta dikelompokkan dalam kelompok Break outroom propinsi masing masing. Dan dalam diskusi zoom ini dimoderatori oleh ibu atharia dari pusdatin sebagai Tutor NTT memberikan kesempatan kepada pihak LPMP NTT Dalam Kesempatan ini diwakili oleh Bapak Yandri Snae. 

Bapak Yandri Snae _LPMP NTT

Dalam paparannya beliau memaparkan tentang kondisi geografis wilayah NTT yang  dalam slidenya menunjukkan bahwa sekitar 13 dari 22 kabupaten Kota yang ada di NTT masih berada pada kategori daerah Tertinggal, Dan mengharapkan ada transformasi digital yang lebih baik lagi bagi kabupaten kabupaten tertinggal. Dan pihak LPMP NTT menyatakan kesiapan dan dukungannya serta siap berkolaborasi  dengan sahabat dan para duta Rumah belajar untuk mewujudkan kualitas pendidika di NTT dalam pembelajaran berbasis TIK lebih baik lagi.



Selanjutnya Sambutan  oleh Ibu Maria M.Sadipun Sebagai Kepala UPT  Tekkomdit NTT yang dalam sambutannya Sangat menyambut baik Sahabat Rumah Belajar, dan siap bekerja sama dan memfasilitasi Sahabat Rumah belajar dan para Duta untuk dapat ambil bagian dalam kegiatan – kegiatan yang akan di programkan oleh Tekkomdit NTT.

 

Ibu Maria M.Sadipun_UPT Tekkomdit NTT

Acara ditutup oleh moderator Ibu Atharia dari Pusdatin kemdikbud.


Sesi 2 , 5 Oktober 2020

Sesi ke dua Hari pertama  coaching propinsi kali ini dibuka kembali pukul 13.00 WIB  oleh  Moderator  bu Atharia yang dihadiri oleh Tutor, Pendamping DRB NTT dan peserta PembaTIK Level 4. Dalam agenda kegiatan sesi kedua ini peserta dibekali dengan materi materi penilaian yang menjadi tugas peserta . Ada 4 Sesi materi yang diberikan :

1.       Materi pertama disampaikan oleh bapak Posma Sihombing  DRB NTT 2019

2.       Materi ke dua oleh bapak Widianto  Tutor Pusdatin

3.       Materi ke tiga oleh bapak Ferdinan HeDRB NTT 2018

4.       Materi ke empat oleh Ibu Maria Goretti Watu Raka DRB NTT 2017

 Materi pertama adalah materi tentang vlog untuk menjawab tantangan tugas pembaTIK level 4 dimana memiliki ketentuan ketentuan tersendiri yang wajib diperhatikan oleh peserta. Materi dibawakan oleh Bapak Posma Sihombing dengan sangat bersemangat disambut baik oleh peserta.



Materi berikutnya mengenai Blog disampaikan oleh bapak Widiarto. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Blog, yaitu:

a.      Perhatikan Target/Pembaca

b.      Gunakan “Tata Letak” yang memudahkan pembaca

c.       Konten yang menarik dan sesuai pembaca

d.      Penulisan Postingan yang jauh dari plagiarism

e.      Memanfaatkan kolom komentar sebagai sarana komunikasi




Kemudian paparan dilanjutkan oleh bapak Ferdinan wadu He tentang penilaian menggunakan sosialisasi tatap maya. Dalam paparanya  ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dan terus memberikan semangat agar peserta pembaTIK level 4 dapat melaksanakan tugas tugas dengan baik sesuai dengan deadline waktu yang diberikan.




Dan pada sesi terakhir hari kedua diisi oleh ibu Duta Rumah belajar maria G.W.Raka dalam materi penilaian Sosialisasi Tatap Muka yang memuat beberapa hal porsi dan bobot penilaian:

·         Aspek Materi                                            : 20 Point

·         Aspek Publikasi                                         : 10 Point

·         Aspek Resume                                           : 10 Point

·         Aspek Tatap Muka (Min. 3 Kali)               : 25 Point

·         Aspek Audiens (Min. 60 Orang)                : 25 Point

·         Aspek Inovasi dan Leadership                   : 10 Point



Acara ditutup oleh moderator setelah sesi diskusi singkat oleh peserta dan pemateri. 



Hari Kedua, 6 Oktober 2020

Hari kedua Coaching pembaTIK level 4 dibuka tepat pukul 09.00 WIB oleh moderator ibu Atharia.Dalam coaching hari kedua ini menjadi panggung bagi peserta PembatIK level 4 untuk menyampaikan semua rencana tindak lanjut yang telah , sedang dan akan dilakukan untuk mensukseskan PembaTIK level 4 2020. PEserta dibagi dalam kelompok kecil yang tersiri atas 10 peserta dan didampingi oleh 1 tutor dari Pusdatin  dan 1 pendamping DRB.

Dalam kesempatan kali ini dalam kelompok 2 kami didampingi oleh Bapak Ferdinan Wadu he dan Tutor Pusdatin bapak Nelwan Isa . Benar benar dalam kegiatan ini diberikan seluas luasnya waktu dan kesempatan untuk peserta dapat mengekspose semua hal yang menjadi prioritan dan rencana tindak lanjut. Dalam kelompok kami ada 6 peserta pembaTIK dan 4 orang berhalangan hadir.


Hari Kedua, 7 Oktober 2020

Pada Sesi hari ketiga dibuka oleh moderator bu Atharia pada  pukul 12.00 WIB dan pada kesempatan ini penyampaian analisis perwakilan dari masing masing kelompok untuk memberikan evaluasi hasil kegiatan di hari kedua . Masing masing pendamping dan tutor menyampaikan evaluasi kelompok. Dan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan berbagi pengalaman dari peserta dan DRB dan penguatan dari Tutor. Acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan ditutup  oleh moderator tepat pukul 12.00 WIB.



Merdeka belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia







4 komentar:

  1. Terima kasih pa Noefendra, salam sukses selalu

    BalasHapus
  2. IONQQ menyediakan pelayanan terbaik dan bisa di percaya
    ayo segera bergabung bersama kami
    WA : +855 1537 3217

    BalasHapus

POSTINGAN LAINNYA