TRI AGUS CAHYONO,
M.Pd.
Lahir di Pacitan, 22 Agustus 1982. Keseharian bekerja
sebagai guru di SD Negeri Belik Tepus Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Alamat
rumah RT. 01 RW. 03 Menadi Kec./Kab.
Pacitan Jawa Timur. HP: 081392542771. e-mail: 3agusgurdacil@gmail.com
Bapak Tri Agus Cahyono menamatkan pendidikan terakhir
Program Studi Pacsasarjana Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) jurusan Magister
Pendidikan Dasar-IPA tahun 2015 melalui beasiswa P2TK Dikdas dengan predikat
Cum Laude. Aktif sebagai ketua KKG Gugus V Purwodadi, Tepus Gunungkidul, DIY.
Telah mendapatkan berbagai penghargaan sebagai berikut:
1. Guru
Berdedikasi Daerah Khusus TK. Nasional Tahun 2016;
2. Juara I
Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran TK. Nasional Tahun 2016 kategori MIPA;
3.
Penghargaan Short Course ke Jepang Tahun 2017;
4. Finalis
Olimpiade Guru Nasional (OGN) TK. Nasional Guru Kelas SD Tahun 2018.
5. Finalis
Guru Berdedikasi TK Nasional SD 2019
Demikian
biodata singkat Jejak Inspirasi kita kali ini.
Jejak
Inspirasi Bapak Tri Agus Cahyono,
M.Pd. Juara 1 Inobel 2016
Assalamu alaikum wr. wb Bpk./ Ibu grup belajar menulis
gelombang 7. Selamat Malam. Alhamdulillah berkah bagi kami bisa bergabung dalam
grup ini. Di sini saya sangat malu jika sebagai narasumber tentu saja Bpk./Ibu
semua lebih berpengalaman dan lebih hebat dari kami. Jadi tolong anggap ini
sebagai sharing pengalaman saja apa yg telah kami peroleh selama mengabdi
menjadi guru. Untuk mengawali kegiatan ini marilah kita berdoa sesuai
kepercayaan kita masing-masing. Silahkan
Seperti padi semakin berisi semakin merunduk begitulah citra
yang dapat kita tangkap dari sosok Pak Tri.Kali ini Pak Tri akan berbagi
pengalaman bagaiman Beliau berhasil menjadi juara 1 Inobel dengan Judul “ Planetarium
Bekam “. Dan Tema yg di ambil untuk
berbagi kali ini adalah "Karya
Inovasi & Kualitas Diri"
Pada hakikatnya sebuah karya inovasi adalah puncak dari
proses belajar seseorang. Sesuai taksonomi Bloom yg telah direvisi oleh
Krathwool. Ada 6 tahapan berfikir
kognitif
1. Mengingat (C1)
2. Memahami (C2)
3. Menerapkan (C3)
4. Menganalis (C4)
5. Mengevaluasi (C5)
6. Menciptakan (C6)
Dalam taksonomi tersebut Karya inovasi adalah sebuah tahapan
puncak dari proses berfikir. Jadi ketika kita menginginkan sebuah karya inovasi
yang baik, maka kita tidak boleh melewati tahapan2 tersebut.
Jangan sampai kita
berinovasi tapi:
1. Tidak tahu ilmunya
2. Tidak paham
maksudnya
3. Tidak pernah
menggunakan
4. Tidak bisa
menganalisis bagian2nya
5. Tidak bisa menilai
kelebihan dan kekurangannya
Jadi intinya jika anda ingin menciptakan karya inovasi maka
anda harus belajar menguasai materi keilmuan dari karya tersebut. Ketika final
lomba Karya Inobel yg dinilai bukan sekedar bagaimana karya tersebut atau karya
tulisnya tetapi yg paling penting dan lebih utama adalah bagaimana
penciptanya/inovatornya yg akan ditelisik oleh dewan juri melalui presentasi
dan tanya-jawab.Bagaimana cara kita belajar untuk meningkatkan kualitas diri
dan sekaligus menciptakan sebuah karya inovasi adalah dengan bekerja. Belajar
kita lakukan pada saat mengajar,cara belajar paling baik adalah dengan mengajar.
Diskusi yang terangkum kali ini bisa menjadi penambah waasan
kita:
Apa yg membuat bpk
tertarik melakukan inovasi pemeblajaran di kelas bpk?
Ketika kita berC1 sd C5 ada sebuah ketika puasan. Setelah
kita belajar, mengingat, memahaminya, menerapkannya, menganalisisnya, kita
pasti mengevaluasinya (kekurangan dan kelebihan) Disitulah rasa ketidakpuasan
akan muncul, dan daya cipta kita sebagai manusia ( kreativitas) akan muncul.
Nah sekarang bagaimana kita memilih bidang yg akan kita buat inovasinya.
Kuncinya "APIK" (saya kutip dari Pak
Arif Edi)
1. Asli (jangan
menjiplak)
2. Perlu (benar2
dibutuhkan)
3. Inovativ
4. Konsisten
Planetarium Bekam Karya Inovasi penghargaan Inobel 2016
Saya berikan contoh karya inovasi kami yg mendapatkan
penghargaan inobel 2016. Namanya media "Planetarium Bekam" Media ini
adalah hasil dari ketidak puasan terhadap media konvensional yg selama ini kami
gunakan yaitu globe. Bertahun2 menggunakan globe hasilnya selalu biasa-biasa
saja, Anak tidak tertarik/kurang termotivasi dan prestasi belajar kurang
memuaskan. Prestasi kurang lebih disebabkan kurangnya motivasi. Motivasi rendah
lebih disebabkan materi bukan pada zona motivasi (jangkauan anak).Zona motivasi
anak itu adalah sesuatu yg menantang namun bisa dikerjakan, Jadi jika materi
terlalu sulit dan terlalu mudah maka dipastikan anak kurang termotivasi.
Ketika menggunakan globe dalam pembelajaran IPA untuk
menerangkan materi pergerakan Bumi & Bulan, anak dipaksa berfikir sangat
abstrak.Fungsi media ini adalah mempermudah observasi.Ketika anak
memperbandingkan globe yg diperagakan dengan lampu senter dan mengakomodasikan
dengan kejadian sebenarnya antara Bumi, matahari, dan bulan sangat sulit.Disinilah
ketidakpuasan terhadap globe muncul, Kita analisis kelebihan dan kekurangan
globe dalam menjelaskan materi tersebut
Kelebihan:
1. Model yg paling sesuai
2. Ada di sekolah
3. Mudah digunakan
4. ...dll
Kekurangan:
Tidak bisa
menampilkan bagaimana kenampakan langit dari bumi saat diperagakan. Sehingga
menjadi sulit bagi anak. Maka anak akan lemah motivasinya untuk terus belajar
Itu kendala yg harus diselesaikan. Nah dimana saya dapat ide? Untuk
menyelesaikan masalah tersebut
Cara menggunakan
dalam pembelajaran seperti menggunakan globe biasa
1 Apakah karya inobel
yang juara mesti ada unsur TIK- nya...?
Tidak selalu, tergantung kebutuhan. Karya manual sederhana
namun idenya luar biasa akan dapat melebihi karya yg berbasis TIK. Kelebihan
dari sebuah karya bukanlah dari sifat modern atau tradisionalnya tetapi lebih
kepada kebermanfaatan, ide, dan kemudahan untuk digunakan dan direplika oleh
orang lain. Meskipun karya berbasis TIK kelihatan lebih keren tetapi sulit
untuk ditiru dibuat oleh guru lain atau sulit diaplikasikan di daerah2 tertentu
maka nilainya akan kurang.
2.Mohon di jlskan
perbedaan alat peraga dan media pembelajaran menurut bpk ?
Menurut saya Alat
peraga adalah bagian dari media
3. Apa yang menjadi
kendala ketika akan meraih inobel?
Pengendalian diri,
agar tidak terjebak dalam sikap yg merugika penilaian juri. Semisal dalam
menanggapi sanggahan atau masukan juri harus hati2 dan tidak menyinggung.
Membela diri dengan dengan kata2 tersembunyi agar tidak terkesan rendah diri
apalagi menyalahkan diri sendiri.
4. Banyak guru di sekolah memiliki kesulitan
utk mencari ide kreatif karena mnyelsaikan administrasi guru. Apakah bapak
punya saran utk kondisi ini (dilihat dari pengalaman bapak).
Keterbatasan
adalah kekuatan jadi gunakan hal tersebut untuk menjadi sebab munculnya lebih
banyak ide dan meningkatkan kompetensi njenengan.Kunci Inovesi:
1. Menemukan
baru
2.
Menyempurnakan yang lama
Minimalkan administrasi, lebih ke hal2 aplikatif dalam
mengajar, ingat kita adalah guru, tugas utama kita mengajar, administrasi
kebanyaka hanyalah formalitas jadi utamakan administrasi yg penting2 saja.
Karya tulisnya yg paling bagus
adalah karya pengembangan (Research & design) Kalau tidak bisa lebih baik .
Untuk
membuat karya tulis yg layak lolos uji smiliarity tipsnya
1. Sedikit mengutip langsung
2. Gunakan sumber asing terjemahkan sebisanya
3. Jangan membaca buku sumber / KTI oranglain saat menulis
Syarat lolos workshop:
1. Mengikuti kegiatan dengan baik
2. Apa yg diulang2 narasumber lakukan
3. Tetap fokus dan jangan minder dengan karya peserta lain
Kesimpulan:
Dalam berinovasi jangan memikirkan masalah yg bersumber dari
luar seperti lingkungan sekolah, sarana dan prasarana, dll tetapi FOKUS pada
KOMPETENSI DIRI itulah yg akan memudahkan kita menemukan hal2/ide penting yg
membantu keberhasilan pembelajaran. Sehingga tidak hanya inobel yg kita
dapat,.. OGN akan dapat, Gupres juga akan kita dapat. Jadi tingkatkan kualitas
diri untuk karya yg berkualitas. Terima kasih dan semoga bermanfaat dan mohon
maaf jika ada kekilafan.
alhamdulillah sudah sangat baik,terulah menulis,selamat
BalasHapusTrima kasih
Hapuskeren... tulisannya bagus...
BalasHapusTrima kasih
HapusAlhamdulillah bisa ikut berbagi
BalasHapusAlhamdulillah
HapusKeren tulisanya
BalasHapusTrima kasih pak
Hapusmantap resumenya...
BalasHapusTrima kasih pak Etik
Hapusmantap resumenya...
BalasHapusKeren redumenya
BalasHapusTrima kasih pak
HapusKeren Pak
BalasHapussiiip resumenya
BalasHapusBelajar menulis sambil bertemu maya dgn para nara sumber hebat membuat kita semakin termotivasi utk menulos
BalasHapus