Minggu, 18 Oktober 2020

Berkelana Dengan Rumah Belajar Edisi 10 Oktober 2020

Malam minggu malam yang panjang...mari kita isi dengan yang bermanfaat...
Berkelana dengan rumah belajar menabah ilmu bikin makin keche...

Bertabur bintang tamu yang penuh inpiratif, berbagi pengalaman dan  motifasi yang tak pernah berhenti.Berkelana dengan Rumah Belakjar edisi 10 oktober makin keche dengan narasumber- narasumber yang Ok punya, bikin malam minggu makin asyik...makin seru. Acara ini terbilang sukses dengan dihadiri sekitar 60 an  partisipan yang tetap stay dan semangat hingga akhir acara.Acara ini sebagai rangkaian dari acara berkelana  yang dilaksanakan dari tanggal 5 Oktober sampai 10 oktober 2020 hasil kolaborasi dari 18 propinsi di Indonesia.




Kegiatan berkelana edisi 10 Oktober 2020 ini dihadiri langsung oleh bintang tamu Bapak Toni Setyawan,ST,M.Pd yang dalam materinya memberikan banyak inspirasi bagi sahabat rumah belajar dan juga peserta yang hadir.Beliau adalah Kepala Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan Kementrian pendidikan dan kebudayaan.


Dalam materinya Bapak Toni Setyawan banyak mengulas tentang mobile edukasi yang terus berkembang dan terus membuat konten -konten yang menarik dan mendidik yang dapat digunakan untuk semua jenjang pendidikan. Serta mengajak para Sahabat rumah belajar untuk ikut ambil bagian mengisi konten konten pembelajaran di Mobile Edukasi. Hal ini tentunya sangat menginspirasi dan memotifasi sahabat sahabat rumah  belajar, apalagi dengan souvenir cantik yang akan diberikan jika hasil karya kita berhasil lolos seleksi dari M-Edukasi menarik bukan?

Acara selanjutnya disi oleh SRB yang tergabung dalam Acara berkelana dengan Rumah Belajar.Sesi materi berikutnya disampaikan oleh :

1. SRB Kalimantan Barat  : Noefendra 

Materi yang disajikan SRB kalbar ini sangat menarik karna disajikan secara interaktif dan langsung mempraktekkan cara pembuatannya. Membuat Bahan Pembelajaran dengan memanfaatkan Aplikasi powerpoin yang selanjutnya di ubah menjadi fili HTML 5 dengan aplikasi Ispring  yang selanjutnya diunbah menjadi Aplikasi yang bisa dibuka kapan saja tanpa menggunakan kuota. 
langkahnya pun sangat mudah:
Materi dibuat dalam power point dengan beberapa slide yang sudah kita settting actionnya dengan hyperlink menggunakan ispiring lalu menyimpannya dalam file Html. Kemudian digenerate dengan APK Building untuk menjadikannya sebuah aplikasi pembelajaran yang keren dan dapat diinstal di android kita.


2. SRB Nusa Tenggara Timur : Eva Hariyati Israel

Materi kedua juga disajikan dengan baik dengan tema " Membangun Ekosistem E-Learning di rumah belajar" Oleh SRB Eva .Pembelajaran E learning menarik dimasa pandemik saat ini baik itu dilakukan secara online maupun secara blended learning.Untuk membuat ekosistem e learning tidak hanya sekedar meletakkan konten atau materi di aplikasi atau diinternet, Akan tetapi harus dirancang dan disiapkan secara matang hingga pelaksanaan mulai dari tujuan pembelajaran hingga pelaksanaan . Tetapi, bagaimana tatananan sistem dapat bekerja dan saling mempengaruhi untuk dapat berbagi pakai sumber daya tekjnologi  informasi dan komunikasi yang digunakan . Acara semakin menarik dengan adanya voucer pulsa 50.000 bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan dari Nara sumber dan voucer 50.000 pulsa ini diberikan kepada peserta yang berhasil menjawab Tantangan narasumber yaitu Ibu Susi dari kediri.
Membangun ekosistem e-learning ternyata sangat bisa terjadi dalam portal rumah belajar dengan memanfaatkan Learning managemen system Kelas Maya Rumah belajar dengan dukungan fitur fitur pendukung dan dapat siterapkan di semua daerah yang ada di indonesia. dengan mendaftarkan diri menjadi sekolah penyelenggara terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajaran di kelas maya.



3. SRB Riau : Tri Goesema Putra

Bapak tri goesma adalah sahabat Rumah Belajar tahun 2019 dan 2020, sudah berpengalaman dalam memanfaatkan pembelajaran dengan rumah belajar. Malam ini beliau berbagi tentang "Best Praktik Laboratorium Virtual dengan Lab. Maya Rumah belajar ". Tertarik sekali mengikuti materi ini , karna langsung diberikan best praktice memanfaatkan Laoratorium virtual simulasi untuk melakukan praktek tanpa harus menghadirkan alat dan bahan secara langsung. dan lab. maya ini sangat cocok dilakukan di masa pembelajaran dari rumah yang memang tidak memungkinkan untuk bertatap muka di ruang kelas. hadirnya Lab. maya rumah belajar menjadi inspirasi dan memberi kemudahan bagi guru untuk berkreasi dan menghadirlakan pengalaman belajar yang baru.




4. SRB Yogyakarya : Yuli Nestiarum

Sahabat Rumah Belajar dari Yogyakarta yang merupakan seorang guru kimia. Materi yang disajikan SRB Yuli tak kalah menarik dan sangat interaktif dengan menghadirkan materi Pembuatan animasi dalam pembuatan Vidio pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Poowtone. Aplikasi ini memberikan ruang untuk bapak ibu guru untuk berkreasi dengan audio visual yang sangat menarik. Dengan simulasi langsung yang diberikan SRB Yuli sangat menarik antusias dari para partisipan. Dengan simulasi yang mudah dimengerti SRB yuli berhasil membuat Closing materi yang membangkitkan semangat para peserta meski hari semakin larut. 




Sesi tanya jawab tidak kalah menarik berbagia pertanyaan hadir sebagai bentuk antusias partisipan terhadap materi yang disajikan.Acara ditutup oleh host Cantik dan smart SRB dari jawa Timur salma Nabila.Ditutup dengan Vidio keren hasil karya yang penuh inspirasi dari SRB pelopor kolaborasi ini Mba Salma Nabila. Vidio Rekaman Acaranya dapat di tonton pada vidio berikut:




Belajar lebih mudah dan menyenangkan dengan Rumah belajar.Merdeka belajarnya...Rumah Belajar Portalnya...Maju Indonesia








3 komentar:

  1. Salam Runah Belajar bu Eva,, sukses selaluu 🥰🥰

    BalasHapus
  2. terima kasih bu dian salam sukses selalu

    BalasHapus
  3. banyak game yang menarik di IONQQ
    ayo segera daftarkan diri anda :D
    WA : +855 1537 3217

    BalasHapus

POSTINGAN LAINNYA