Minggu, 18 Oktober 2020

BERBAKTI : Berbagi Inspirasi dan Inovasi Kreatif dengan Rumah Belajar

SRB BERBAKTI Sebuah akronim yang dipilih sebagai representasi dari semangat yang kuat untuk menebar inspirasi dan motifasi berbagi inovasi pembelajaran terkhusus dengan pemanfaatan Portal Rumah belajar.Portal pembelajaran yang bisa diakses secara gratis yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang dikembangkan oleh Pustekkom yang sekarang bertransformasi menjadi Pusdatin.

Dalam Flayer dan narasi yang disebar sangat menarik dengan desain Flayer yang di buat oleg SRB Gorontalo Ibu Lisna Nazaru berkolaborasi dengan SRB NTT Eva Hariyati Israel.Dan Narasi yang meminkat dari ketikan cantik dari SRB Yuli Nestiarum dari Yogyakarta.Dapat Sahabat Lihat dalam tampilan Flayer dan Narasi berikut:




Bismillah..
Malam minggu nge date mantaps yuks...
SRB *BERBAKTI*, Berbagi Inspirasi dan Inovasi Kreatif Bersama Rumah Belajar

*KEYNOTE SPEAKER*🎙️
Deni Ranoptri (DRB Terbaik 2018)
Materi: Membuat Konten Blog yang Menarik

*BINTANG TAMU* ðŸ’«
1⃣Mamat Liputo (DRB Gorontalo 2017)
2⃣M.Ilham (DRB Sulawesi Barat 2018)
3⃣Nur Ernawati (DRB DIY 2019)
4⃣Feybi Tanipu (DRB Gorontalo 2019)
5⃣Ridwan Djabar (DRB Gorontalo 2018)

*NARASUMBER*🎙️
1️⃣ *Salma Nabila* (SRB_JATIM)
Materi : Belajar Budaya di Rumah Belajar
2️⃣ *Yuli Nestiyarum* (SRB_DIY)
Materi : YOUWAZOOYA Metode Ampuh Pembelajaran Elektrokimia
3️⃣ *Filemon Sagala* (SRB_DKI)
Materi: Inovasi Pembelajaran Berbasis EDUGAME
4️⃣ *Lisnawati Nasaru* (SRB_Gorontalo)
Materi: Upload dan Download Konten dari Sumber Belajar
5️⃣ *Eva Hariyati Israel* (SRB_NTT)
Materi: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

*Catat Tanggalnya friends*
🗓️ Sabtu, 17 Oktober 2020
Pukul 19.00 s.d 21.00 WIB

📹Dapat diikuti melalui:
📡Zoom Meeting
Join Zoom Meeting: https://bit.ly/31uB9v1

Meeting ID: 884 2800 6958
Passcode: belaj4r

_Don't miss it!_


SRB BERBAKTI kali ini menghadirkan Best Deni Renoptri Seorang Guru SD, Duta Rumah Belajar Terbaik Tahun 2018 yang juga terkenal sebagai seorang Master Trainer Microsoft dan Blogger handal yang sudah menjadi founder dari blog pendidikan yang terkenal dengan nama Gurusd.web.id , Guraru.net , kurikulum.co.id dan katulis.com  Dari kegiatannya sebagai seorang Blogger best Deni Juga meraih banyak penghargaan dan prestasi serta Penghasilan piluhan juta perbulan yang ia dapatkan dari kreatifitas dan konsistennya menyebarkan virus virus baik untuk pendidikan, tulisan tulisan berbobot melalui blog blognya.Sahabat dapat lebih akrab dengan Best Deni dengan Profiulnya sebagai Berikut:





Best Deni Ranoptri 

Acara dibuka oleh Moderator keren SRB Filemon Sagala Sahabat RUmah Belajar Propinsi DKI Jakarta.Dihadiri 80 an partisipan yang terus memiliki semangan cinta belajar dan berbagi praktik baik sangat mensukseskan jalannya acara SRB BERBAKTI ini.

Dihadiri pula dan didukung oleh Duta Duta Rumah belajar yang berkesempatan hadir memberikan semangat dan motifasi untuk terus berbagi. Diantanya DRB Jatim 2017 Bunda Raden Roro Martiningsih DRB 2017 yang juga merupakan DRB Terbaik tahun 2017. Hadir pula DRB Yogyakarta 2019 Nur Ernawati , DRB Gorontalo 2017,2018, dan 2019 Pak Mamat , Pak Ridwan Jabar serta Bu Feybi .Turut bergabung DRB Ilham tahun 2018.
Semua DRB dengan cerita motifasinya yang terus menebarkan virus semangat berbagi dan berkolaborasi tanpa henti.


DRB Gorontalo 2017 Mamat Lupito



DRB Sulawesi Barat 2018 M.Ilham



DRB Yogyakarta 2019 : Nur Ernawati



DRB Gorontalo 2018 : Ridwan jabar



   Raden Roro Martiningsih DRB Terbaik 2017

Setelah motifasi dan inspirasi dari para DRB tiba pada sesi yang sangat dinantikan materi apik dari Best Deni tentang Pembuatan Blog yang Menarik dan produktif. Slide demi slide dipaparkan best deni memanbah ilmu dan wawasan untuk menciptakan tujuan dan seni dalam memperindah tampilan blog yang kita miliki agar lebih produktif , menarik untuk dikunjungi dan bernilai jual.



Setelah penyampain materi dari best deni , materi kembali dilanjutkan dengan menghadirkan 5 SRB dari 5 propinsi yang berbeda yang di mulai oleh 

1. SRB Jawa Timur Salma Nabila  

SRB Salma tampil dengan penuh semangat dengan materi yang diangkat tentang" Belajar Budaya dengan Rumah Belajar". SRB Salma sangat fasih dan sangat familiar dalam semua aplikasi yang dia simulasikan penggunaannya yang menambah wawasan dan sumber belajar terutapa konten Budaya. Mulai dari pemanfaatan Fitur budaya, AR Rumah belajar, Mobile edukasi, TV edukasi hingga Youtube budaya disimulasikan dengan sangat baik.Dalam simulasinya banyak hal baru yang kita dapatkan untuk memperkaya best praktice pembelajaran bagi anak didik terutama dalam hal Mengenal Budaya Nusantara.




2. SRB Yogyakarya : Yuli Nestiyarum

SRB Yuli tampil dengan inovasi pembelajaran barunya yang diberi nama YOUWAZOOYA Metode Ampuh Pembelajaran Elektrokimia. Sebuah inovasi hasil best practice yang dilakukan SRB yuli dalam pembelajaran di era Pandemik dengan mengkolaborasikan pemanfaatan Youtube , WA, Zoom dan Laboratorium maya RUmah belajar.

Materi yang diberikan memberikan gambaran baru pembelajaran yang aktif dan menyenangkan meski dilakukan dengan zoom tanpa tatap muka dengan siswa.Sebuah ide pembelajaran yang asyik dan layak kita kembangkan.




3. SRB DKI Jakarta :Filemon Sagala

SRB File mengajak kita belajar sambil bermain dengan Fitur Edugame 
Sebuah Fitur baru yang diluncurkan sebagai fitur pendukung pembelajaran di portal rumah belajar. Semakin menambah semangat antusias peserta untuk menerapkan Edu game ini sebagai sebuah variasi pembelajaran yang menyenagkan bagi peserta didik terutama untuk jenjang SD dan SMP.

Dengan simulasi yang keren membuat semangat semakin hangat untuk terus tay menantikan materi materi berikutnya.





4. SRB Gorontalo Lisnawati Nasaru 

SRB Cantik Gorontalo Bu Lisna tampil dengan materi Upload dan download vidio pembelajaran di sumber belajar Rumah belajar. yang dengan sangan rinci menjelaskan proses mulai dari persyaratan vidio hingga proses upload dan download yangtentunya menambah informasi dan wawasan kita untuk termotifasi memberi kontribusi dalam karya inovasi yang lebih baik lagi di Rumah belajar.




5.SRB Nusa Tenggara Timur : Eva Hariyati Israel

Sebagi penyaji terakhir sudah tugas saya tetap menjaga semangat partisipan untuk tetap aktif dan antusias meski hari semakin larut, hal ini ditunjukkan dengan masih staynya 60 an peserta meski daerah WIT sudah menunjukkan pukul 11.30. Hal yang luar biasa dan sangat wajib diapresiasi, begitu juga dengan semua DRB yang tetap setia hingga akhir acara. Materi yang saya sajikan dalam materi malam ini adalah PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).

Mengajak dan memotifasi sahabat sahabat dan partisipan semuanya untuk memanfaatkan komintas rumah belajar dan fitur PKB untuk terus menunjukkan semangat mengembangkan diri sebagai sebuah bentuk integritas dan kredibilitas diri sebagai seorang guru profesional. Menjadi pribadi yang cinta belajar dan senang berbagi.

Sebuah Komunitas praktisi pendidikanseperti rumah belajar layak terus kita ikuti dan kita dukung karna begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dalam komunitas dan kegiatan PKB yang dilakukan tidak hanya itu kita pun bisa mendapatkan sertifikat sebagi bentuk apresiasi atas pelatihan pelatihan yang diikuti.yang tentunya di harapkan sahabat dapat mengambil bagian pada PKB di rumah belajar melalui link simpati.belajar.kemdikbud.go.id

jangan lupa daftar dan ikuti setiap evennya.






Acara semakin semangat dengan pertanyaan pertanyaan yang sangat menarik dan memperkaya wawasan dan keterampilan kita.terutama keterampilan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.Spesial thanks buat semua DRB yang sudah hadir dan SRB yang sudah berkolaborasi dengan baik menghaddirkan sajian yang menarik di malam minggu dengan informasi yang menambah wawasan dan meningkatkan keterampilan.


Merdeka belajarnya, Rumah belajar Portalnya, Maju Indonesia







3 komentar:

  1. Semoga kita semua dapat belajar darinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Om Jay, semoga suatu hari bisa menghadirkan best Deni juga digrup belajar menulis kita.

      Hapus

  2. agen dengan 100% player vs player hanya di IONQQ :)
    WA : +855 1537 3217

    BalasHapus

POSTINGAN LAINNYA