Rabu, 26 Oktober 2022

Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Bladed Learning dengan Memanfaatkan Kelas Maya Rumah Belajar

Pendidikan menuntun segala kekuatan kodrat dalam diri murid untuk mencapai keselamatan dan  kebahagiaan yang setinggi tingginya baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat sebagaimana yang diamanatkan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantoro.

Kekuatan kodrat dalam diri anak tidak terlepas dengan kodrat zaman diman mereka tumbuh dan berkembang. Sehingga sebagai seorang guru yang menjadikan murid sebagai pusat dalam pembelajaran sebagai bentuk keberpihakan kepada murid perlu mengkreasikan pembelajaran yang fleksibel dan terstruktur, sehingga dalam prose kegiatan belajar mengajar yang saya lakukan pada tahun pelajaran 2022/2023 dalam mata pelajaran peminatan memberikan ruang bagi saya dan murid murid saya untuk banyak mencoba dan mengeksplorasi teknologi teknologi yang dapat digunakan secara kolaboratif dan fleksibel sehingga dalam implementasinya saya menggunakan Learning manajemen system Kelas Maya Rumah Belajar sebagai media pembelajaran online yang saya padukan dengan pembelajaran tatap muka dikelas yang terbatas karena adanya kondisi sekolah yang sedang dalam tahap rehab gedung sehingga pembelajaran dilakukan dengan sistem shift yang tentunya tidak memungkinkan untuk menuntaskan kegiatan pembelajaran dilakukan dalam satu kali pertemuan.


Screenshoot Kelas Daring Menggunakan Kelas Maya Rumah Belajar


Dalam pembelajaran dengan konsep bladed learning ini saya menggunakan Kelas maya sebagai media pembelajaran daring yang dapat digunakan secara fleksibel serta mudah diakses yang juga terintegrasi dan dilengkapi dengan berbagai sumber belajar yang ada rumah belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa secara gratis dengan cukup mengakses satu portal pembelajaran saja.

Dalam implemntasinya struktur pembelajaran yang saya lakukan dikelas maya ini dengan memberikan bahan bahan materi ajar yang saya buat secara mandiri maupun menggunakan buku guru dan buku siswa yang saya ambil dari platform merdeka mengajar sehingga dapat diakses oleh siswa kapan saja baik saat jam kegiatan belajar mengajar maupun diluar jam pelajaran.





Dalam struktur kelas maya telah disediakan tempat untuk mengunggah materi, membuat penugaan maupun pelaksanaan ujian. Menariknya lagi dalam pemanfaatannya dapat dikolaborasikan dengan berbagi aplikasi aplikasi google yang mudah dan sudah familiar diantanya google form, google sheet, google slide , link youtube, serta dapat menyematkan gambar, animasi dan juga video.

Kontrol pembelajaran dapat dilakukan oleh guru dengan mengatur jadwal belajar murid sehingga guru dapat memberikan disiplin positf bagi murid dalam pengumpulan tugas sesuai deadline yang diberikan. Dengan memanfaatkan model pembelajaran blanded learning ini sangat membantu saya dalam menjalankan dan memnuhi kebutuhan belajar murid-murid saya.

Manfaat yang didapatkan dari penerapan model pembelajaran menggunakan blende learning ini adalah:
1. Guru dapat merancang pembelajaran yang fleksibel yang dapat diakses oleh murid kapan saja dan dimana saja
2. Memberikan ruang bagi murid untuk mengeksplorasi materi secara mudah dan terpusat sehingga murid yang terbatas pemahamannya dalam mengakses informasi dapat langsung mendapatkan materi materi dari apa yang disajikan oleh guru dikelas maya
3. Murid dapat belajar dari multi sumber belajar karna sudah terintegrasi dengan fitur -fitur pembelajaran yang ada di rumah belajar.

Merdeka Belajarnya,Rumah Belajar Portalnya










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

POSTINGAN LAINNYA